Newsletter

Pesona Kota Calang, Tetap Indah Pasca Tsunami Aceh

Foto: Antara
Meski sempat mengalami kerusakan saat tsunami Aceh, Calang di Kabupaten Aceh Jaya kini berbenah diri untuk mempercantik kembali objek-objek wisatanya. Mulai dari wisata alam hingga kuliner lengkap tersedia di kota ini.

Calang adalah Ibukota Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. Calang merupakan salah satu dari kawasan di pesisir barat Provinsi Aceh yang mengalami kerusakan terparah pada bencana tsunami dan gempa bumi pada tahun 2004 silam.

Saat ini Calang sedang mengejar ketertiggalannya, kota ini dapat ditempuh dengan jalan darat dari Banda Aceh sekitar dua jam dan dari Meulaboh sekitar satu setengah jam, serta juga bisa diakses melalui jalur laut.

Kota kecil ini memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan, karena pada umumnya merupakan dearah berteluk-teluk yang dihiasi bukit-kecil, pulau-pulau serta pantainya yang masih alami. Di sini dengan mudah dapat ditemukan tempat penyelaman yang sangat bagus karena lautnya masih sangat terjaga, tentunya bagi Anda yang suka menyelam.

Banyak hal yang dapat ditemukan di Calang, salah satunya yang menarik adalah dengan banyaknya pulau-pulau kecil yang terhampar di sekitar kota. Pulau-pulau di sini masih sangat terjaga keasriannya dan menghijau di tengah birunya laut. Jika Indonesia mempunyai Raja Ampat sebagai surga bagi para menyelam yang luar biasa, maka Aceh punya Calang yang mempesona dengan alam dan lautnya.

Saat ini Kota Calang tengah berbenah diri membangun sektor wisata dan perdagangannya pasca tsunami. Apalagi kota ini sekarang sangat mudah di tempuh, karena telah siapnya transportasi yang sangat memadai. Di sini juga terdapat fasilitas penginapan hotel yang memadai bagi Anda yang ingin berlama-lama menikmati Kota Calang.

Berbicara kuliner Anda yang ingin berkunjung tidak perlu cemas, karena di daerah ini banyak sekali rumah makan yang pemandangannya menghadap ke laut lepas. Rumah makan ini tentunya menyajikan berbagai makanan khas seafood dengan bahan dasar ikan segar yang langsung dapat dinikmati, ikan-ikan segar ini langsung didapatkan dari masyarakat sekitar. Calang memang terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah.

Di sini kita juga bisa menemukan makanan yang sangat khas dan terkenal karena kelezatannya, yaitu mie patek. Mie yang bahan dasarnya adalah mie kuning ini dicampur dengan bumbu yang khas ditambah dengan daging, cumi, udang atau jamur. Mie yang satu ini cukup membuat lidah kita bergoyang apalagi ditambah suasana yang tenang dan berhadapan dengan laut lepas.
Foto: Detiktravel
Tidak hanya wisata yang berkaitan dengan alam, Calang juga punya tempat wisata yang berkaitan dengan bencana tsunami 2004 silam. Seperti halnya kota Banda Aceh, Kota Calang juga memiliki situs kuburan masal, museum, taman edukasi dan gedung penyelamatan tsunami yang bila kita naik ke atasnya kita dapat memandang dengan lepas pemandangan di sekitar yang sangat indah dan mengagumkan.
Pulau Reusam | Foto :www.acehjayakab.go.id
Apabila Anda melewati jalan lintas barat-selatan Aceh, jangan lewatkan untuk mengunjungi dan singgah sejenak di kota yang berbentuk tanjung ini. Pengunjung yang singgah sangat mudah menemukan tempat-tempat menarik, dikarenakan Calang adalah daerah perpaduan antara laut yang masih alami, gunung dan bukit yang menghijau, pantai, muara, rawa, serta hutan bakau. [Sumber: Detik Travel]
Pesona Kota Calang, Tetap Indah Pasca Tsunami Aceh Pesona Kota Calang, Tetap Indah Pasca Tsunami Aceh Reviewed by Unknown on 13.53 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Slider