Newsletter

Kopi Tubruk dari Aceh Barat

Seorang pengunjung menikmati kopi tubruk khas Meulaboh, Aceh Barat, pada sebuah cafe di kawasan Jembatan Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan. Harga satu gelas kopi yang menggunakan ampas kopi itu dijual Rp 3.000,-/gelas dan sangat diminati pelanggan
JIKA anda mengunjungi Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat, rasanya belum sempurna jika tak mencicipi kopi tubruk Pante Kenangan, di Jalan Syiah Kuala, Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, yang berada persis di bawah jembatan kawasan tersebut. Penyebabnya, dari sejumlah kopi tubruk, citarasa kenikmatan kopi tubruk di Suak Ribee ini berbeda dengan kopi tubruk yang dijual di tempat lain.

Sebagai bukti, setiap hari kafe yang sebelumnya pernah hancur diterjang tsunami pada akhir 2004 ini selalu ramai dikunjungi pelanggannya, mulai dari anak muda, mahasiswa, pebisnis, hingga orang tua. Selain rasa, hal unik lain dari kopi tubruk Suak Ribee ini adalah cara minumnya.

Betapa tidak, bagi anda yang baru pertama sekali datang tentunya akan bingung bagaimana cara meminumnya. Karena letak dan bentuk gelasnya terbalik. Penasaran bukan? Namun yang pasti anda akan tertantang untuk coba mencicipi kopi yang laris manis di Meulaboh ini. 

Karena cara menikmati kopi yang dihidangkan dengan gelas terbalik dan sebatang sedotan itu tidaklah mudah. Masalahnya, jika kita salah membuka, akibatnya akan fatal. Karena kopi di gelas dalam poisisi terbalik itu tentu akan tumpah dan anda pasti takkan bisa menikmati citarasanya. 

Untuk lebih mudah, yang harus anda perhatikan adalah tiup perlahan sedotan yang tersedia. Atau, putar sedikit demi sedikit gelas itu sambil anda meniupnya. Setelah itu, kopi yang berada di dalam gelas akan ke luar dengan sendirinya. Sehingga anda bisa langsung menikmati citarasanya yang luar biasa.

Berdasarkan catatan Serambi, hampir tiap pengunjung yang datang ke warung kopi tubruk Pante Kenangan di bawah Jembatan Suak Ribee ini, pasti mereka akan datang dan ketagihan. Karena citarasa kopinya sungguh nikmat tiada tara.

Apalagi anda seorang penikmat kopi, tentu anda akan tertantang untuk menikmatinya. Nah, penasaran bukan? Jika anda datang ke Meulaboh, anda harus datang dan mencicipi kopi yang sangat unik ini. Untuk soal harga, anda tak perlu khawatir, satu gelas kopi tubruk ini dijual Rp 4.000. Hal itu tentu takkan membuat kantong anda terkuras.

Sehari, Laku Lebih 100 Gelas 
AGUS, penjual Kopi tubruk di kawasan Suak Ribee yang diwawancarai Serambi, Selasa (15/1) mengaku, setiap hari ia bisa menjual kopi tubruk kepada pelanggannya lebih dari 100 gelas. Bahkan, menurut Agus, di hari tertentu seperti hari libur, permintaan kopi tubruk yang diracik dan dibelinya pada sebuah tempat usaha penggilingan kopi di Desa Kuta Padang, Meulaboh itu akan meningkat dari hari-hari biasa.

Meski sederhana, lanjutnya, namun kopi tubruk yang telah lama ia jual itu tetap saja menjadi primadona di kalangan wara Aceh Barat atau pendatang yang mengunjungi warung tersebut. Sehingga cita rasanya juga sangat dinikmati pengunjung atau penikmat kopi.

Rasanya Sangat Nikmat
KOPI tubruk yang dijual di Pante Kenangan, Desa Suak Ribee, Meulaboh, Aceh Barat ini rasanya begitu nikmat dan menggugah selera. Setelah mencicipinya, kita akan ketagihan karena cita rasa dan harumnya yang luar biasa. Sekilas, kopi di sini tampak seperti kopi yang dijual di tempat yang lain. Namun untuk soal rasa, menurut saya, hanya ada di sini yang membuat saya selalu ingin meminumnya bersama teman.

KOPI tubruk Suak Ribee adalah salah satu tempat yang selalui ramai dikunjungi warga. Bahkan, di sepanjang pantai Suak Ribee juga telah banyak kafe dan tempat jajanan makanan dan minuman yang lain. Karena itu, saya berharap Pemkab Aceh Barat dapat menata kawasan itu dengan baik sehingga bisa menjadi daerah tujuan wisata. Cara yang bisa dilakukan pemkab adalah menetapkan pusat wisata kuliner di kawasan itu.

Langkah itu sangat baik untuk mempromosikan daerah dan bisa meningkatan PAD. Pemkab Aceh Barat juga harus lebih giat lagi mempromosikan wisata kuliner di wilayah ini. Sehingga, warga daerah lain akan lebih tertarik untuk datang dan menikmati makanan dan minuman yang ada.

Kopi Tubruk dari Aceh Barat Kopi Tubruk dari Aceh Barat Reviewed by Unknown on 06.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Slider