Newsletter

Monumen Pesawat Seulawah


Monumen Seulawah atau yang disebut juga Monumen Replika Pesawat Seulawah RI 001 merupakan monumen yang berbentuk pesawat. Pesawat tersebut merupakan replika dari pesawat pertama milik Indonesia yang dibeli dengan bantuan dana dari rakyat Aceh secara sukarela.

Monumen Seulawah terletak di Lapangan Blang Padang, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh yang hanya terletak 1 km saja dari pusat kota Banda Aceh. Monumen ini didirikan dengan tujuan untuk mengenang perlawanan rakyat Aceh dalam melawan Belanda pada agresi militer tahun 1948.

Pesawat berjenis Dakota DC-3 ini memiliki panjang 19,66 meter dan rentang sayap 28,96 meter yang mampu terbang hingga kecepatan 346 km/jam. Selain berjasa dalam perjuangan Indonesia meraih kedaulatan, pesawat ini juga merupakan cikal bakal maskapai penerbangan di Indonesia.


Pada jaman itu, pesawat RI 001 ini berperan dalam mengangkut senjata, mengantar perjalanan Presiden Soekarno dalam membangkitkan semangat para pemuda dan membantu menyebarkan berita perjuangan dan kedaulatan Indonesia ke berbagai daerah hingga ke PBB.

Monumen Pesawat Seulawah Monumen Pesawat Seulawah Reviewed by Unknown on 06.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Slider